Ketentuan Penggunaan Bola Dalam Sepakbola

Sepakbola terdiri dari dua kata yakni sepak yang berarti menendang dan bola yang bermakna sebuah peralatan yang dimainkan. Sehingga, bola sangat penting dalam permainan sepakbola yang saat ini menjadi jenis olahraga paling populer seantero dunia. Berbagai kalangan masyarakat memainkan olahraga tersebut, karena selain menyenangkan, tetapi tentu saja menyehatkan bagi kesehatan tubuh.

Bola

Bola memiliki beberapa ukuran sesuai dengan karakteristik

Namun, ukuran bola dalam sepakbola memiliki beberapa peraturan yang telah diatur oleh FIFA selaku organisasi tertinggi sepakbola di dunia dengan sebutan Laws of The Game. Dalam ketentuan resmi, tertulis bahwa keliling bola tidak diperbolehkan melebihi ukuran 28 inches atau 70 centimeter dan juga tidak boleh kurang dari 69 centimeter atau 27 inches.

Terdapat lima jenis bola yang disesuaikan dengan karakteristiknya. Berikut ini ulasan lengkapnya:

  • Bola Ukuran 1

Bola jenis yang satu ini tidak memiliki ketentuan khusus dan biasanya hanya digunakan dalam laga promosi. Tidak dalam pertandingan resmi baik di level liga domestik maupun di kejuaraan kompetisi internasional.

  • Bola Ukuran 2

Tidak berbeda jauh dengan bola dengan ukuran satu. Bola dengan ukuran dua ini juga hanya dipakai dalam pertandingan yang sifatnya promosi. Tidak terdapat ukuran pasti jenis bola yang kedua ini.

  • Bola Ukuran 3

Bola dengan ukuran tiga ini pada umumnya digunakan bagi para pemain sepakbola yang berusia dibawah umur 8 tahun. Dimana memiliki ketentuan dengan lingkaran bola diantara 58-61 centimeter atau 23-24 inches. Tak hanya itu, bola dengan jenis ketiga ini juga harus berada dalam berat antara 11 hingga 12 oz atau setara sekitar 312-340 gram.

  • Bola Ukuran 4

Sementara bola dengan karakteristik keempat ini memiliki ukuran keliling bola sekitar di angka 25 -26 inches atau sekitar 64-66 sentimeter dan mempunyai berat tak lebih maupun tak kurang dari 340-468 gram (12-13 oz). Ukuran bola ini digunakan untuk pesepakbola berusia 8 hingga 12 tahun.

  • Bola Ukuran 5

Terakhir, bola dengan ukuran lingkaran sebesar tak kurang dari angka 68 dan tak lebih dari 70 centimeter serta memiliki berat sekitar 14 sampai 16 oz atau setara 410 hingga 450 gram. Bola ukuran terbesar ini diperuntukkan bagi seluruh pemain sepakbola yang berusia diatas 12 tahun.

Tekanan dan Warna Bola

Selain ukuran bola, dalam peraturan resmi yang dimuat di FIFA Laws of The Game, terdapat juga ketentuan tekanan dan warna bola. Tentu hal tersebut demi membuat permainan sepakbola dapat dimainkan dengan mudah bagi para pemain.

Bola

Ketentuan penggunaan bola telah diatur oleh FIFA dalam Laws of The Game

  • Tekanan Bola

Bola harus memiliki tekanan udara sebesar 8–12 psi. Hal itu berarti, bahwa apabila bola dijatuhkan ke tanah yang datar, maka pemantulan bola harus kembali keatas sekitar 60 persen, yaitu jika bola dijatuhkan dari ketinggian satu meter, maka bola harus memantul kembali keatas setinggi 60 centimeter.

  • Warna Bola

Ketentuan yang tak kalah penting dalam penggunaan bola yaitu mengenai warna alat itu sendiri. Dimana dalam peraturan, bola tidak diperbolehkan serupa dengan lapangan atau berarti tidak boleh berwarna hijau. Tentu apabila warna bola sama dengan warna lapangan itu sendiri, tentu para pemain akan dibuat kebingungan.

Warna bola harus terang dan diperbolehkan juga memiliki corak. Sementara jika permainan sepakbola ketika salju turun, maka warna bola yang direkomendasikan oleh FIFA yaitu orange ataupun merah cerah.

Kebulatan dan Penyerapan Air Dalam Bola

Ketentuan lainnya dalam penggunaan bola dalam permainan sepakbola adalah mengenai kebulatan bola dan penyerapan air.

Bola

Bola telah memiliki standar dalam permainan sepakbola

  • Kebulatan Bola

Bola yang memiliki bentuk bulat sempurna tentu amat sangat penting. Hal ini supaya bola dapat menggelinding dengan normal di permukaan lapangan dan saat udara memiliki putaran yang stabil.

  • Penyerapan Air

Apabila bola mampu menyerap air dalam jumlah yang besar, maka tidak akan mudah digiring dan terasa berat serta menyulitkan para pemain. Adapun standar serapan air dalam bola yakni maksimum 15 persen.

Comments are closed.

Proudly powered by WordPress
Theme: Esquire by Matthew Buchanan.