Basic Dasar Bermain Sepak Bola

Sepakbola merupakan jenis cabang olahraga yang saat ini sangat populer seantero dunia. Banyak masyarakat luas yang bermain olahraga tersebut untuk menghabiskan waktu, sekaligus menyehatkan kondisi tubuh.

Sepakbola

Sepakbola memiliki berbagai teknik dasar dalam memainkannya

Namun, dalam bermain sepakbola dibutuhkan kemampuan, kecepatan dan tentu saja strategi serta tentu harus menguasai beberapa teknik dasar dalam memainkan olahraga itu. Dengan demikian kemenangan akan dapat diraih. Adapun sejumlah basic dasar dalam bermain sepakbola, yakni diantaranya:

  • Menggiring Bola

Teknik penting dalam dunia sepakbola adalah menguasai basic menggiring bola atau dribbling. Teknik ini terbagi menjadi dua yaitu speed dribbling dan closed dribbling.

Closed dribbling adalah teknik mengontrol penuh atas penguasaan bola. Hal tersebut dilakukan ketika bola benar-benar tidak aman dari pemain lawan. Pada basic tersebut, bola tak boleh berjarak kira-kira satu meter dari jangkauan kaku kita.

Sementara yang dimaksud dengan spedd dribbling adalah hanya fokus untuk mengiring bola dengan kecepatan penuh. Hal itu dapat dilakukan dengan mengiring bola pendek ataupun terlebih dahulu menendang bola ke arah depan, lalu dikejar untuk kembali menguasai bola. Tentu dengan catatan bahwa tidak ada pemain lawan yang berada di depan kita atau bebas dari tekanan.

  • Menendang

Selanjutnya, dalam bermain sepakbola tak hanya persoalan mampu menggiring bola dengan baik saja, tetapi juga harus dapat menendang bola ke arah yang ingin dituju dengan sangat tepat.

Tujuan dalam permainan sepakbola adalah untuk mencetak gol ke gawang lawan dan berusaha untuk mempertahankan lini pertahanan. Sehingga, teknik menendang bola harus dikuasai dengan baik, agar mampu melesakkan bola ke gawang lawan dan membantu tim meraih kemenangan.

  • Mengumpan dan Mengontrol

Apabila telah menguasai dengan baik teknik menendang bola, maka basic berikutnya adalah mengumpan dan mengontrol bola. Teknik tersebut sama-sama penting. Kita harus dapat memberikan bola ke arah yang ingin dituju dengan cara mengumpan yang baik. Begitu pula apabila kita menerima umpan dari kawan kita, maka kita harus mampu mengontrol bola dengan sangat benar.

  • Menyundul Bola

Basic yang satu ini adalah mengumpan, mencetak gol apabila bola berada di udara dan dapat juga untuk mematahkan serangan lawan dengan kepala, lebih tepatnya di bagian dahi. Teknik heading ini juga harus dikuasai dengan baik, karena sebagai pemain sepakbola profesional, harus mampu menyundul bola dengan benar.

  • Merebut Bola

Hal yang satu ini tak kalah pentingnya dalam permainan sepakbola. Dimana setiap pemain harus menguasai teknik merebut bola atau intercept dengan sempurna. Bertujuan untuk menghentikan permainan lawan dan menghindarkan serangan mematikan yang dapat membuat gawang kita kebobolan.

Cristiano Ronaldo Pemain Terbaik 2017

Tentu setelah menguasai berbagai teknik dasar dalam bermain sepakbola, maka langkah selanjutnya adalah terus berlatih dan mengasah kemampuan. Dengan begitu, maka kita akan menjadi pemain terbaik dalam urusan sepakbola. Seperti yang diberitakan oleh situs prediksi jadwal bola malam iniCristiano Ronaldo yang pada tahun 2016 menjadi pemain terbaik versi FIFA.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo sukses meraih gelar sebagai pemain terbaik sebanyak empat kali

Pemain yang kini membela Real Madrid tersebut mampu mengantarkan timnya merengkuh berbagai gelar juara di sejumlah kejuaraan sepakbola. Diantaranya yaitu trofi Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Super Eropa. Bahkan tak hanya sukses di level klub saja, tetapi juga di level internasional bersama timnas Portugal dengan menjadi juara 2016.

Lionel Messi Buktikan Postur Mungil Bukan Halangan

Untuk menjadi pemain sepakbola profesional tak harus memiliki postur badan yang tinggi seperti Cristiano Ronaldo, tetapi apabila memiliki postur kecil bukanlah menjadi halangan yang berarti, seperti Lionel Messi.

Lionel Messi

Lionel Messi merupakan bukti pemain terbaik tak harus memiliki postur yang tinggi

Megabintang Barcelona itu sukses menjadi pemain terbaik sebanyak lima kali dalam dekade terakhir. Pemain berkebangsaan Argentina itu merengkuh sejumlah trofi di level klub. Namun sayang, karirnya tak secemerlang bersama timnas Tango.

Comments are closed.

Situs SepakBola
I love Bola.
Bola Malam Hari Ini, Cara Bermain, Pemain, Peraturan, Kesehatan.